Minggu, 15 Januari 2012

Putuskan.. dan jadilah yang TERBAIK!


Note dari SETIA FURQON KHOLID

Sahabat Setia, untuk menjadi besar banyak diantara kita yang berpikir untuk melakukan segalanya, mengerjakan semuanya. Namun sadarkah sahabat, bahwa waktu kita di dunia ini sangat terbatas, dan di dalam rentang waktu itu kita dituntut untuk berprestasi dan mengukir makna. Hingga saat kita menghadap Ilahi, banyak orang menangisi kepergian kita, dan kita tersenyum bahagia karena telah memberi banyak kebermanfaatan untuk sesama. Nah, pertanyaannya apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut?

Dari 20 orang terkaya di dunia, ternyata hanya 2 orang yang dianggap konglomerat (punya lebih dari satu usaha). 5 jajaran tertinggi ditempati orang yang fokus pada bisnis yang dirintisnya. Misalnya, Bill Gates, Laksmi Mittal, dan Warren Buffet. Bill Gates yang terkenal dan Mirosoftnya pun tidak tertarik dengan pengembangan desain yang sekarang dikuasai Adobe, Laksmi Mittal dengan perusahaan bajanya, dan Buffet dengan kelihaiannya berpialang saham.

Ternyata di zaman Rasulullah, para sahabatpun hampir semuanya mempunyai keahlian spesifik, hal itulah yang membuat mereka beda dan menjadi yang terbaik di bidangnya. Abdurrahman Bin Auf tidak dikenal sebagai seorang panglima perang, namun sedekahnya yang pernah mencapai Rp.42,9 M sangat mengesankan, Khalid Bin Walid bukanlah seorang negarawan, namun kegagahannya di medan perang sangat diperhitungkan. Dialah satu-satunya panglima yang selama mendapatkan amanah tidak pernah mengalami kekalahan.

Lalu, bagaimana dengan pendapat, "Jangan taruh semua telur dalam satu keranjang?" Ternyata, pernyataan ini cocok untuk paradigma investasi. Misalnya, saat kita mau menginvestasikan harta kita ke dalam properti (rumah, kost-kostan, apartemen, dll) jangan lupa bahwa properti pun ada trennya. Bahkan pernah di Jepang nilai properti turun hingga puluhan persen dalam jangka waktu 10 tahun. Saat tahun ini orang sedang mengandrungi investasi logam mulia, bisa jadi dengan perkembangan ekonomi dunia, membuat harga emas turun dalam jangka waktu tertentu .Nah, disinilah kejelian para investor untuk tidak memfokuskan investasi hanya pada satu tempat saja.

Jadi, yuk kita mulai renungkan dan putuskan, apa yang akan kita lakukan di di dunia yang sangat singkat ini, lalu fokuslah untuk menjadi yang terbaik dan bermanfaat dengan pilihan hidup kita.  Mulailah merancang pencapaian-pencapaian yang membuat duniapun tersenyum.

Jika kau bertekad  jadi pemimpin, bertekadlah menjadi pemimpin adil nan penuh kasih sayang
Jika kau bertekad jadi pengusaha, bertekadlah menjadi pengusaha nan jujur dan setia pada kebermanfaatan
jika kau bertekad jadi ilmuwan, bertekadlah menjadi ilmuwan yang rendah hati dan setia pada kebenaran
Apapun profesimu, manapun jalan hidup yang kau pilih. FOKUS dan TEBARLAH KEMANFAATAN.

Khoirunnas anfa'uhum linnas..
Sebaik-baik manusia, adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama
Reaksi:

1 komentar:

  1. syukron tlah membasuh semangatku yang semakin berdebu... semoga Allah memberi keberkahan untuk mu! Amin

    BalasHapus

[jangan lupa tinggalkan komentar anda!!! ^_^]

Diberdayakan oleh Blogger.